Biografi Robert Lewandowski

Biografi Robert Lewandowski

Robert Lewandowski atau yang akrab dipanggil dengan Lewy, lahir pada 21 Agustus 1988 di Warsawa, ibukota Polandia. Lewy lahir dari pasangan Krzysztof Lewandowski dan Iwona Lewandowski.

Lewandowski ditakdirkan lahir sebagai olahragawan. Ayahnya merupakan seorang pesepakbola profesional dan atlit judo. Sementara ibunya, merupakan pesepakbola yang bermain untuk AZS Warsaw yang kemudian menjadi wakil presiden Partyzant Leszno.

Lewy memilki saudara perempuan bernama Milena. Milena merupakan atlit voli prfoesional dan pada beberapa kesempatan dirinya juga pernah bermain bola.

Perlu diketahui bahwa Lewandowski memiliki darah Jerman yang berasal dari pemimpin fenomenal, Adolf Hitler. Lewandowski adalah cucu dari adik termuda Hitler, Pawla Hitler. Dirinya meninggal dunia pada 1960.

Sejak kecil, Lewandowski sudah tertarik dengan olahraga. Dirinya juga sempat mencoba beberapa permainan sebelum akhir menjatuhkan pilihan pada sepak bola.

Lewy kecil memulai karir sepak bolanya di MKS Varsovia Warsaw, dimana ia berlatih selama kurang lebih tujuh tahun disana. Ia kemudian pindah ke Delta Warsaw. Bermain bersama Delta Warsaw membuat bakat Lewandowski tumbuh. Dirinya terus bermain apik hingga menjadi top skor di divisi tiga Polandia pada musim 2006/07.

Di musim berikutnya, Lewandowski berhasil menjadi top skor divisi dua Polandia dengan raihan 21 gol.

Tahun 2008 menjadi tahun yang cukup membanggakan baginya. Selain memulai debut dengan tim senior Polandia, dirinya juga resmi bergabung dengan Lech Poznan dengan biaya transfer sekitar 1,5 juta euro. Bergabung dengan Lech Poznan seakan menandai karir sukses pria Polandia ini.

Memulai debut di kompetisi UEFA Cup, Lewandowski langsung menggebrak dengan mencetak gol di pertandingan pertamanya. Musim pertama bersama Lech Poznan, Lewy sukses menorehkan 18 gol dalam 42 penampilan. Di musim selanjutnya, Lewy bertahan dengan 18 gol sekaligus membawa timnya itu menjuarai Piala Championship di musim 2009/10.

Karena terus bermain gemilang di tanah kelahirannya, Lewandowski kemudian bergabung dengan raksasa Jerman, Borussia Dortmund. Dikontrak dengan biaya sekitar 4,5 juta euro, Lewandowski resmi menandatangani kontrak dengan durasi empat tahun.

Bersama Borussia Dortmund, Lewy sukses mencetak gol pertamanya pada bulan September 2010 saat melawan Schalke 04.

Di musim 2011/12, ketajaman Lewandowski semakin meningkat, dirinya sukses mencetak gol ketika berhadapan dengan SV Sandhausen. Lewandowski benar-benar menjadi pahlawan baru Borussia Dortmund dengan rentetan gol yang terus ia cetak.

Karena ketajamannya itu, Lewandowsi dinobatkan sebagai pemain terbaik Polandia. Ia mengakhiri musim tersebut dengan torehan 22 gol dan 6 assist.

Di awal musim 2012/13, Lewy membantu Dortmund untuk memenangi pertandingan melawan Werder Bremen. Ia terus menunjukkan kehebatannya dengan mencetak banyak gol. Dan yang peling fenomenal, ia sukses mneyarangkan empat gol sekaligus di fase semifinal Liga Champions Eropa. Dirinya memimpin Dortmund untuk menapaki partai puncak kompetisi elit tersebut meski pada akhirnya kalah dari rival senegaranya, Bayern Munchen.

Pada tahun 2012, Lewandowski juga sukses mengantarkan Polandia ke turnamen Piala Eropa. Dirinya mencetak gol pertamanya pada turnamen tersebut saat melawan Yunani.

Selain rentetan prestasi gemilangya itu, Lewandowski juga menemukan wanita pujaanya selama ini, yaitu Anna. Anna merupaka seorang atlit karate lulusan akademi olahraga warsawa. Keduanya menikah pada tahun 2013.

Setelah bermain gemilang bersama Dortmund, Robert Lewandowski menarik minat FC Bayern. Tepat pada tahun 2014, Lewy resmi berseragam The Bavarian dengan durasi kontrak hingga lima tahun kedepan.

Memulai debut dengan melawan mantan timnya, Bayern kalah dengan skor 2-0. Namun setelahnya, Lewandowski terus bermain baik dengan berhasil menyarangkan bola kedalam gawang sebanyak 25 kali dalam 49 pertandingan.

Musim selanjutnya, Lewy mencatatkan rekor sebagai pemain yang mencetak lima gol hanya dalam sembilan menit. Dirinya mendapat penghargaan dari Guinness World of Record atas prestasinya itu. Musim tersebut ia tuntaskan dengan mencetak 42 gol dari 51 pertandingan.

Bersama Bayern. Lewandowski benar-benar menunjukkan kepada dunia bahwa ia adalah salah satu striker kelas wahid. Dia sukses mencetak gol yang ke 100 nya untuk Bayern pada 11 Maret 2017 di 137 penampilannya. Ia kembali menorehkan 42 gol di musim tersebut.

Tampil bersama Bayern membuat Lewandowsi berhasil memenangkan empat trofi Bundesliga dan beberapa trofi bergengsi lainnya.

Gaya bermainnya yang cekatan, mampu memanfaatkan peluang, serta memiliki insting tajam bukan tak mungkin jika striker asal Polandia ini mampu menyumbangkan trofi-trofi bergengsi lainnya untuk Bayern. Atau mungkin untuk timnas Polandia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *