Berita Hari Ini 7 Februari 2019: Barca Tolak Jersey Haram, City ke Puncak, El Clasico Imbang, dede Widiade Mundur, Dan Sebagainya …

Halo football lovers, tiada hari tanpa asupan gizi. Starting Eleven edisi 7 Februari 2019 merangkum berita hangat dari seluruh belahan dunia. Pastikan obrolanmu dengan teman-teman diisi rangkuman dari kami …

Barcelona Tolak Desain Jersey Baru dari Nike

Barcelona terungkap menolak desain jersey keluaran Nike yang sedianya akan dipakai sebagai seragam tandang musim 2020/21. Desain tersebut memakai warna dasar putih bermotif salib merah St. George’s Cross, mirip jersey tandang Inter Milan pada musim 2007/08. Ada dua hal yang membuat manajamen Barca menolak, yakni dominasi warna putih yang dianggap “haram” karena berkaitan dengan rival kesumat Real Madrid, serta lambang salib yang dikhawatirkan tidak akan diterima di negara dengan basis penggemar Muslim.

Manchester City Kudeta Liverpool di Puncak Klasemen

Sudah 52 hari Manchester City tidak berada di pucuk Premier League. Pada Rabu malam, mereka akhirnya mengkudeta Liverpool setelah mengalahkan Everton dengan skor 0-2. Dua gol Aymeric Laporte dan Gabriel Jesus di ujung dua babak membuat City menyamai poin Liverpool dan unggul selisih gol. Meski begitu, The Reds bisa merebut kembali puncak klasemen lantaran masih menyimpan satu laga.

El Clasico Berakhir Sama Kuat

Tidak ada Gareth Bale, dan Lionel Messi pun baru diturunkan usai sejam laga. Lucas Vasquez langsung mencuri gol bagi Real Madrid pada menit 6. Barcelona baru menyamakan kedudukan pada menit 58 melalui Malcolm. Messi tak mampu mengubah keadaan bagi Barca walau dinyatakan fit sebelum laga dimulai. Leg kedua semifinal Copa del Rey tersebut akan dihelat di Santiago Bernabeu pada 28 Februari mendatang.

West Ham Selidiki Suporter Rasis ke Salah

West Ham dan Kepolisian tengah meyelidiki teriakan Islamofobia yang diarahkan ke Mohamed Salah saat Liverpool berkunjung ke Olympic Stadium Senin malam lalu. Dalam rekaman yang beredar di Twitter, salah seorang suporter terdengar meneriaki Salah dengan kata-kata umpatan kasar. Pihak West Ham mengkonfirmasi tak akan menoleransi perilaku rasis oleh suporternya dengan akan memberikan hukuman seumur hidup tak boleh masuk stadion pada pelaku.

Mayat di Pesawat Sala Telah Diangkat

Satu mayat telah diangkat dari bangkai pesawat Emiliano Sala yang tenggelam di Selat Inggris. Meski begitu, pihak berwenang belum memberi keterangan mayat siapakah yang diangkat tersebut. Mayat tersebut saat ini diterbangkan ke markas mereka di Portland untuk dilakukan autopsi. Pesawat bernama Piper Malibu tersebut hanya menerbangkan dua orang, yakni pilot David Ibbotson dan striker Cardiff Emiliano Sala.

Nantes Tuntut Pembayaran Transfer Sala pada Cardiff

Nantes menuntut Cardiff City untuk membayar biaya transfer Emiliano Sala. Klub Wales tersebut dilaporkan belum membayar sepeserpun dari biaya 15 juta pounds (270,9 miliar rupiah) yang disepakati kedua klub. Cardiff akan menunaikan kewajibannya walaupun masih menunggu kepastian nasib Sala. Sang striker menghilang saat menjalani penerbangan ke Cardiff. Nantes akan mengambil langkah hukum bila Cardiff tak merespon tuntutan ini dalam sepuluh hari ke depan.

Gestur VAR Akan Mendapat Kartu Kuning

Para pemain yang meminta wasit menggunakan VAR dengan mempertunjukkan gestur kotak VAR akan dianggap sebagai bentuk protes berlebihan. Bila pemain memprotes wasit dengan gestur VAR, UEFA menginstruksikan para wasit untuk mengganjarnya dengan kartu kuning. UEFA mempercepat penggunaan VAR pada fase gugur Liga Champions musim ini, putaran final Nations League Juni mendatang, dan Euro 2020.

MU dan Madrid Pantau “New Ronaldo”

Manchester United dan Real Madrid sedang memantau gelandang serang Benfica yang mendapat julukan “New Cristiano Ronaldo”, Joao Felix. Felix yang baru berusia 19 tahun tersebut telah mencatat debut seniornya pada Agustus lalu. Hingga pekan ini, ia telah mencetak delapan gol di Liga Portugal. Klub-klub besar seperti Barcelona, Atletico, Juventus Milan, dan Dortmund pun telah mengirimkan pemandu bakatnya. Felix punya klausul penjualan sebesar 120 juta euro (1,9 triliun rupiah).

Napoli Tahan Kepergian Hamsik

Kepindahan Marek Hamsik ke Dalian Yifang mengalami penundaan setelah Napoli mengklaim pembayaran biaya transfer tak sesuai kesepakatan awal. Hamsik sudah mengucapkan salam perpisahan ke fans dan rekan setim di Napoli pada pekan ini. Hingga Rabu malam, penyelesaian transfer ini belum tuntas. Meski ayah Hamsik memastikan sang kapten Napoli akan boyongan dalam 48 jam, Hamsik masih terdaftar di skuad Napoli untuk menghadapi laga kontra Fiorentina pada Sabtu nanti.

Real Madrid Dihubungkan dengan Chiesa

Real Madrid diyakini sebagai salah satu klub yang memonitor gelandang serang Fiorentina Federico Chiesa. Chiesa, yang merupakan putra dari legenda Italia Enrico Chiesa, dianggap sebagai salah satu talenta terbaru yang muncul di Liga Italia. Musim ini ia telah mencetak sepuluh gol. Fiorentina dikabarkan mematok harga 60 juta euro (952,8 miliar rupiah) untuk sang bintang.

Ayah James Rodriguez Kompori Anaknya ke Juventus

James Rodriguez sedang berada di persimpangan jalan. Bayern Munich dikabarkan tak mau mempermanenkannya, sementara Real Madrid ingin menjualnya. Ayah James pun mengompori anaknya untuk bergabung dengan Cristiano Ronaldo di Juventus. James dan Ronaldo pernah jadi rekan setim saat keduanya masih berkostum Madrid. “James dan Ronaldo adalah teman dekat. Aku melihat sepak bola Italia saat ini, dan (bergabung dengan Juventus) akan jadi keputusan bagus.”

UEFA Pertimbangkan Hapus Aturan Gol Tandang di Liga Champions

UEFA mempertimbangkan menghapus aturan gol tandang di Liga Champions, Liga Europa, dan Nations League. Aturan yang hingga kini dianut adalah gol di kandang lawan akan dihitung dobel bila agregat sama kuat. Aturan ini mendapat respon negatif dari pelatih kenamaan seperti Diego Simeone, Carlo Ancelotti, dan Thomas Tuchel. Masih belum diketahui apakah aturan ini akan benar-benar dihapuskan, atau dimodifikasi menjadi aturan lain, atau mulai kapan perubahan aturan ini diterapkan.

Gianni Infantino Jadi Calon Tunggal Presiden FIFA

Gianni Infantino akan menjadi presiden FIFA selama empat tahun kedepan setelah dikonfirmasi menjadi satu-satunya kandidat dalam pemilihan presiden FIFA Juni mendatang. Infantino, yang saat ini berusia 48 tahun, menjadi satu-satunya kandidat yang mendaftar pada deadline 5 Februari. Pria plontos asal Italia tersebut mulai menduduki posisinya saat ini pada Februari 2016 menggantikan Sepp Blatter. Pemilihan presiden FIFA akan dilakukan di Kongres 69 di Paris pada 5 Juni 2019.

Jose Mourinho Dilaporkan Bertemu Petinggi Inter Milan

Football Italia melaporkan Jose Mourinho sedang berada di Milan guna menjalani makan siang bersama Giuseppe Marrotta, direktur olahraga Inter Milan saat ini. Mourinho punya kenangan manis bersama Nerazzuri saat membawa klub tersebut meraih treble pada 2010. Momen ini kebetulan datang saat pelatih Inter saat ini, Luciano Spalletti, sedang berada dalam tekanan hebat. Spalletti diisukan akan diganti oleh salah satu dari Mourinho atau Antonio Conte di akhir musim.

Ronaldo Ingin Juventus Datangkan Dua Pemain

Megabintang Juventus Cristiano Ronaldo sejauh ini langsung memberikan dampak positif bagi klub barunya di lapangan. Menurut Football Italia, pengaruhnya segera menjalar ke kebijakan transfer. Kapten Portugal tersebut meminta agar manajemen Juventus mendatangkan gelandang serang James Rodriguez dari Real Madrid dan wonderkid Felix Joao dari Benfica. Rodriguez sedang menghadapi ketidakpastian setelah Bayern Munich terlihat tak akan mempermanenkannya, sementara Joao memang sedang diincar banyak klub besar Eropa.

Alasan Barella Tolak Chelsea Terungkap

Chelsea sebenarnya berniat menggaet Nicolo Barella sebagai pengganti Cesc Fabregas pada bursa transfer Januari lalu. Gelandang Cagliari tersebut dianggap sebagai salah satu gelandang munda menjanjikan Serie A saat ini. Namun, sang pemain menolak tawaran dari Chelsea dan Napoli karena alasan keluarga. Barella dan sang istri sedang menunggu kelahiran anak pertamanya dan memutuskan akan tinggal di Cagliari hingga akhir musim.

Milan dan Inter Setujui Proyek Bersama San Siro

Inter Milan dan AC Milan menjalin kesepakatan bersama untuk menentukan masa sepan stadion San Siro. Dalam keterangan yang diberikan Presiden Milan Paolo Scaroni, kedua klub tersebut mempertimbangkan apakah akan membangun stadion baru atau merenovasi San Siro “Tidak seperti di Roma, di mana Lazio dan Roma saling membenci. Di Milan tidak seperti itu,” ujar Scaroni. Scaroni pun menambahkan, “membangun stadion baru akan lebih mudah, kita akan tahu dalam beberapa bulan ke depan.”

Manuel Neuer Diragukan Tampil Lawan Liverpool

Bayern Munich sedang mengupayakan mendongkrak kebugaran Manuel Neuer. Kapten Bayern dan timnas Jerman tersebut mengalami cedera tangan di sesi latihan dan tidak dilibatkan dalam laga melawan Hertha Berlin tengah pekan ini. Ia dikhawatirkan tidak akan bisa membela tim Bavaria saat menghadapi Liverpool di Liga Champions dua pekan mendatang. Meski disebut cuma mengalami cedera jempol, Neuer ditakutkan juga menderita cedera ligamen yang bisa membuatnya absen selama tiga bulan.

Axel Witsel Tak Boleh Ubah Gaya Rambut

Axel Witsel identik dengan model rambut kribo yang serupa dengan Marouane Fellaini. Borussi Dortmund pun memproduksi wig dengan model rambut sang gelandang. Di toko resmi klub, wig Witsel dihargai 9,95 euro (158 ribu rupiah). Dengan begitu, Witsel sepertinya tak boleh memotong rambutnya dalam waktu dekat. Dortmund tentu saja akan rugi bila wig yang mereka jual tak laku karena Witsel sudah memotong habis rambutnya.

Pochettino Kedapatan Makan Malam Bareng Zidane dan Beckham

Mauricio Pochettino terungkap meninggalkan restoran di London sejenak setelah David Beckham dan Zinedine Zidane. Seperti dilansir The Sun, Ketiganya menjalani makan malam bersama di restoran Locanda Locatelli sebelum keluar melalui pintu belakang hanya dalam jarak tiga menit. Pochettino dikhawatirkan semakin mendekat ke Real Madrid lantaran Zidane dan Beckham punya kedekatan historis dengan raksasa Spanyol tersebut.

Timnas Pelajar U-15 Berangkat ke Portugal

Timnas Pelajar U-15 Indonesia berangkat ke Eropa untuk mengikuti turnamen sepak bola di Estoril, Portugal. Tim ini dikawal oleh Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BliSPI). BLiSPI terlebih dahulu akan menyeleksi 90 pemain dari Piala Menpora 2018. Dari 90 pemain, BLiSPI akan memerasnya menjadi 18 pemain terbaik. Para pemain terpilih lalu akan terbang ke Portugal pada 1-6 Juli 2019.

Dirut Persija Gede Widiade Mundur

Gede Widiade menyatakan mengundurkan diri dari posisi Direktur Utama Persija Jakarta. Selain Gede, Persija juga ditinggal COO Rafil Perdana. Gede masuk ke manajemen Persija sejak Januari 2017. Bersama Gede, Persija berhasil memenangi tiga gelar, yakni turnamen pramusim Boost Sports Fix Super Cup dan Piala Presiden 2018, serta Liga 1 2018. Pengunduran ini bertepatan dengan penghancuan dokumen keuangan Persija Jakarta yang ditemukan Satgas Anti-Mafia Bola beberapa waktu.

Arthur Cunha sosok Penting Arema Karena Kuasai Empat Bahasa

Bek Arema FC Arthur Cunha menjadi sosok penting di klubnya karena menguasai empat bahasa. Ia tercatat sanggup bahasa Portutgis, Spanyol, Inggris, dan Indonesia. Selain menjadi penyambung lidah pelatih Milomir Seslija, ia juga menjadi penerjeman pemain asing yang belum menguasai bahasa Indonesia. Ia bisa berbahasa Portugis dan Spanyol lantaran menjadi bahasa pengantar di negara asalnya. Bahasa Inggris dipelajarinya saat enam kali trial di Manchester pada 2007. Bahasa Indonesia pun ia kuasai hanya dalam tujuh bulan.

Kapten Timnas U-22 Ditentukan Lewat Voting

Indra Sjafri memberi kewenangan kepada para pemain untuk menentukan siapa yang akan menjadi kapten timnas U-22. Indra terlebih dahulu akan menentukan beberapa sosok yang dirasa pas memimpin tim. Bek Dandi Maulana mengungkapkan, Indra meminta para pemain untuk menulis tiga pemain yang cocok menjadi kapten. Di skuad timnas U-22, terdapat beberapa kapten di timnas junior seperti Rachmat Irianto, Bagas Adi Nugroho, hingga Nurhidayat Haji Haris.

Pelatih Newcastle Jets Waspadai Striker Persija

Pelatih Newcastle Jets mengaku telah mempunyai gambaran mengenai gaya bermain Persija Jakarta. Jets akan menghadapi Persija di ajang kualifikasi Liga Champions Asia pada 12 Februari mendatang. Ernie Merrick, pelatih Jets, meyakini Persija akan mengandalkan kecepatan para pemainnya. Pemenang dari pertandingan ini akan melaju ke kualifikasi tahap ketiga dengan menghadapi Kashima Antlers. Persija sendiri berhasil mengalahkan wakil Singapura Home United dalam kualifikasi tahap pertama Selasa lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *