Berita Hari Ini 1 Februari 2019: Batshuayi ke Palace, Markovic ke Fulham, Update Transfer, Barcelona Datangkan Dua Pemain, Nama Baru PS Tira, Uji Tanding Timnas Wanita, Dan Sebagainya …

Berita Hari Ini 1 Februari 2019: Batshuayi ke Palace, Markovic ke Fulham, Update Transfer, Barcelona Datangkan Dua Pemain, Nama Baru PS Tira, Uji Tanding Timnas Wanita, Dan Sebagainya …

Halo football lovers, tiada hari tanpa asupan gizi. Starting Eleven edisi 4 Februari 2019 merangkum berita hangat dari seluruh belahan dunia. Pastikan obrolanmu dengan teman-teman diisi rangkuman dari kami …

Batshuayi Akhiri Gonjang-Ganjing ke Crystal Palace

Michy Batshuayi mengakhiri gonjang-ganjing transfer Januari dengan pindah ke rival dekat Chelsea, Crystal Palace. Batshuayi memutus kontrak peminjamannya di Valencia demi mencari klub baru pada bursa transfer Januari ini. Crystal Palace, klub yang juga bermarkas di London, pada awalnya ditawari Batshuayi oleh manajemen Chelsea pada Desember lalu. Namun, Batshuayi lebih memilih Monaco karena sosok Thierry Henry. Setelah Henry dipecat, penyerang berusia 25 tahun tersebut pun tak membuang waktu untuk melompat ke Selhust Park.

Peter Crouch Kembali ke Premier League

Penyerang jangkung Peter Crouch kembali menapakkan kaki di lanskap megah Premier League. Ia kini sudah berusia 38 tahun dan baru saja menyelesaikan transfer ke Burnley. Crouch diingat sebagai striker kurus bertubuh tinggi yang pernah memperkuat sederet klub seperti Liverpool, Tottenham, Aston Villa, Portsmouth, Southampton, hingga Stoke City. Ia tercatat telah mencetak 108 gol dalam 462 laga di Premier League. Crouch diikat Burnley hingga akhir musim.

Anthony Martial Diikat United hingga 2024

Di saat pemain lain terbang menuju klub baru, Anthony Martial justru memperpanjang ikatan dengan Manchester United di hari terakhir bursa transfer Januari ini. Ia menandatangani kontrak baru hingga 2024. Kepastian ini membuat para penggemar lega mengingat dirinya sering dirumorkan akan pergi saat masih dilatih Jose Mourinho. Ia tampil bagus musim ini dengan mencetak 10 gol di seluruh kompetisi.

Van Dijk Minta Fans Bersabar Tunggu Trofi

Virgil van Dijk dapat merasakan kegelisahan pendukung Liverpool di Anfield saat The Reds ditahan Leicester pada pekan 24. Dibarengi dengan kekalahan yang diderita Manchester City, suporter di Anfield berharap anak asuh Jurgen Klopp bisa meraih tripoin. Van Dijk pun memohon agar suporter tak menularkan kegugupan ke para pemain. Ia meminta suporter supaya bersabar mengingat para pemain sudah “bergerak di jalur yang sama”.

Lazar Markovic Akhiri Karier di Liverpool, Hengkang ke Fulham

Lazar Markovic resmi mengakhiri karier tak cemerlang di Liverpool. Pada hari terakhir bursa transfer Januari, ia bergabung dengan sesama klub Premier League, Fulham. Markovic, yang didatangkan dengan harga 20 juta euro (319,7 miliar rupiah) dari Benfica pada 2014 sedianya akan habis kontrak di akhir musim. Ia tak sanggup menembus tim utama dan lebih banyak dipinjamkan ke klub lain, yang meliputi Hull City, Fenerbahce, dan Sporting Lisbon.

Barcelona Percepat Transfer Todibo

Barcelona mengkonfirmasi kedatangan bek belia Perancis Jean-Clair Todibo dari Toulouse dengan kontrak selama 4,5 tahun. Transfer Todibo pada awalnya baru akan dieksekusi pada musim panas mendatang. Akan tetapi, keputusan Toulouse yang akan membekukannya di selama sisa musim membuat Barca berubah pikiran. Ia kini diproyeksikan memperkuat Barcelona B sembari menunggu kesempatan dari tim utama. Todibo mengoleksi 10 penampilan bersama Toulouse pada putaran pertama Ligue 1 musim ini.

Anfield Bersalju Saat Pertandingan, Liverpool Terhindar dari Hukuman

Permukaan lapangan Anfield saat Liverpool menjamu Leicester tampak bersalju. Kontroversi timbul saat petugas lapangan Anfield kedapatan hanya membersihkan salju di paruh lapangan yang akan digunakan Liverpool untuk menyerang di jeda babak. Jurgen Klopp pun mengakui laju bola sedikit terhambat dan pada akhirnya mengakibatkan The Reds gagal meraih tripoin. Bagaimanapun, pihak Liverpool dilaporkan tak akan menerima hukuman apa pun akibat kasus ini.

Rakitic Ingatkan Presiden Barcelona agar Perpanjang Kontrak

Ivan Rakitic menegasan ingin bertahan di Barcelona selama mungkin. Kontraknya saat ini berlaku hingga 2021. Hendak memastikan masa depannya tetap di Camp Nou, Rakitic mengaku telah mengingatkan presiden Barcelona, Joseph Maria Bartomeu, agar melangsungkan negosiasi kontrak baru. Ia didatangkan dari Sevilla pada 2014 untuk mengisi posisi Xavi Hernandez. Gelandang Kroasia tersebut kini telah berusia 30 tahun dan mulai terancam dengan kehadiran Arthur Melo..

Suporter Barcelona Tak Penuhi Keinginan Messi dan Valverde

Baik Lionel Messi maupun Ernesto Valverde meminta suporter untuk memenuhi Camp Nou dalam laga leg kedua perempat final Copa del Rey pekan lalu. Mereka saat itu sedang tertinggal agregat akibat kalah dengan skor 2-0 di leg pertama. Hanya saja, meskipun harga tiket sudah diturunkan, Camp Nou tetap terlihat “sepi”. Dari kapasitas 98 ribu penonton, total hanya 58,050 yang terisi. Kosongnya Camp Nou kemungkinan disebabkan waktu kick-off yang terlalu larut, yakni pukul 21.30 waktu setempat. Meski begitu, Barca tetap mampu melumat Sevilla dengan skor 6-3 dan melaju ke semifinal.

Barcelona Datangkan Bek Kanan Baru

Selain meresmikan transfer Jean-Claire Todibo, Barcelona juga mengamankan satu pemain lagi di hari terakhir bursa transfer Januari. Blaugrana mencapai kesepakatan dengan Atletico Mineiro untuk memboyong bek kanan Emerson. Ia dibanderol 12 juta euro (191 juta euro) dan diikat hingga lima musim. Ia akan bergabung dengan Lionel Messi dan kawan-kawan pada musim panas mendatang. Bek berusia 20 tahun tersebut akan menhabiskan sisa musim bersama Real Betis dengan status pinjaman.

Diberi Penalti, Coutinho Berterima Kasih pada Messi

Philippe Coutinho akhirnya memecahkan kebuntuan yang membuatnya dikritik beberapa waktu belakangan. Ia mencetak dua gol dalam kemenangan 6-1 Barcelona atas Sevilla. Coutinho pun berterma kasih pada kapten Lionel Messi, yang mempersilakannya untuk menambil penalti yang akhirnya dikoneversi menjadi gol pertama Coutinho di pertandingan tersebut. Ia berujar bahwa Messi ialah pria yang luar biasa. Penalti tersebut pun diakui Coutinho amat berpengaruh dalam menaikkan kepercayaan dirinya.

Sergio Ramos Lebih Tajam daripada Striker Papan Atas Eropa

Sergio Ramos telah mencetak 14 gol pada musim ini: 10 gol untuk Real Madrid dan 4 gol untuk timnas Spanyol. Kepergian Cristiano Ronaldo memang memberi Ramos kebebasan untuk mendongkrak jumlah golnya. Jika dibandingkan, jumlah tersebut membuat Ramos punya koleksi gol lebih baik daripadai Gonzalo Higuain (8 gol), Alvaro Morata (9 Gol), Radamel Falcao (11 gol), Roberto Firmino (12 gol), Edin Dzeko (12 gol), dan Romelu Lukaku (13 gol).

Lazio Jadi Satu-Satunya Tim Italia yang Berpeluang Treble

Lazio kini tercatat sebagai satu-satunya tim Italia yang masih berjuang di tiga kompetisi. Klub-klub seperti Juventus dan Roma telah tersisih dari Coppa Italia, Inter Milan dan Atalanta telah terdepak dari Liga Europa. Ada pun Lazio, selain sedang memburu tempat di zona Liga Champions dan sedang berkompetisi di Liga Europa dengan menghadapi Sevilla di babak 32 besar, Lazio juga masih berpartisipasi di Coppa Italia. Mereka baru saja menyingkirkan Inter Milan di perempat final melalui adu penalti.

Messi Kroasia Resmi ke Standard Liege

AC Milan resmi melepas Alen Halilovic ke Standard Liege dengan status pinjaman hingga 18 bulan ke depan. Halilovic merupakan lulusan akademi La Masia dan sempat dijuluki The Next Messi. Akan tetapi, kariernya tak berkembang hingga akhirnya terbuang dari Barca. Halilovic bergabung ke Milan dengan gratis musim panas lalu setelah menjalani musim bersama Las Palmas.

Laga Kontra Milan Jadi Kesempatan Terakhir Pelatih Roma

Eusobio Di Francesco sedang menjalani masa-masa genting di Roma. Kekalahan memalukan 7-1 dari Fiorentina di Coppa Italia pada tengah pekan lalu seolah menjadi akumulasi penampilan buruk tim ibukota pada musim ini. Presiden klub James Pallotta dan Direktur Olahraga Monchi dikabarkan menelepon langsung Di Francesco usai kekalahan tersebut. Laga Serie A kontra Milan akhir pekan ini pun dikabarkan jadi kesempatan terakhir Di Francesco guna meyakinkan manajemen Roma.

Kagawa Dipinjam Klub Turki

Shinji Kagawa dipastikan memperkuat Besiktas dengan status pinjaman hingga akhir musim. Eks gelandang Manchester United tersebut tak lagi menjadi pilihan utama di Borussia Dortmund. Musim ini, ia hanya mengecap empat penampilan di semua kompetisi. Bahkan di timnas Jepang pun posisinya sudah tergantikan. Ia tak dipanggil menuju Piala Asia 2019. Di Besiktas, Kagawa akan bahu-membahu bersama Ricardo Quaresma dan kawan-kawan mengangkat tim yang saat ini terjebak di peringkat 6 Liga Super Turki.

Perisic Ditipu Arsenal

Meski telah melayangkan permintaan agar dijual, Ivan Perisic nyatanya masih bertahan di Inter Milan hingga bursa transfer Januari berakhir. Pelatih Luciano Spalletti pun mengungkapkan Perisic telah tertipu dengan kabar ketertarikan Arsenal. Berbagai laporan di Italia menyebutkan The Gunners telah melayangkan tawaran peminjaman dengan penebusan permanen di akhir musim dengan harga 40 juta euro (638 miliar rupiah). Akan tetapi, Direktur Inter Piero Ausilio membantah telah menerima tawaran dari siapa pun.

Manchester United Sekolahkan Kiper Keempat

Manchester United mengirim Joel Pereira bergabung ke klub Belgia KV Kortrijk dengan status pinjaman hingga akhir musim. Kiper berusia 22 tahun menjalani paruh pertama musim ini juga sebagai pinjaman di Vitoria Setubal. Ia saat ini tak mungkin menembus tim utama Manchester United lantaran masih terdapat Lee Grant, Sergio Romero, dan David De Gea di depannya. Pererira, yang lahir di Swiss, tercatat sebagai kiper Portugal di level U-21.

Australia Berencana Ikut Piala AFF 2020

Piala AFF 2020 akan tambah semarak dan kompetitif menyusul keputusan Australia untuk berpartisipasi. Ya, meski sudah bergabung dengan konfederasi sepak bola Asia (AFC) pada 2006 dan sudah menjadi bagian asosiasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) pada 2013, Australia belum pernah mengirim tim ke ajang Piala AFF. Ketua federasi sepak bola Australia, David Gallop, menyatakan kini sepak bola Asia Tenggara semakin berkembang dan akan menjadi ujian baru bagi Australia.

Benzema Dobel, Madrid Susul Barcelona ke Semifinal Copa del Rey

Karim Benzema menjadi bintang dalam kemenangan Real Madrid atas Girnoa di leg kedua perempat final Copa del Rey. Dua gol Benzema yang tercipta pada menit 27 dan 43, yang dilengkapi gol Marcos Llorente pada menit 76, hanya mampu dibalas Pedro Porro pada menit 71. Madrid pun dipastikan menyusul Barcelona, yang terlebih dahulu sudah memastikan tempat di fase semifinal. Madrid akan kedatangan Alaves dalam lanjutan La Liga akhir pekan nanti.

Tanggapan Ahok Setelah Dijagokan jadi Ketua PSSI

Nama Basuki Tjahaja Purnama belakangan dijagokan menjadi ketua umum PSSI. Pria yang akrab disapa Ahok tersebut memang dikenal sebagai sosok yang tegas dan dinilai mempu membenahi kepengurusan PSSI. Djarot Saiful Hidayat, sahabat Ahok yang juga pasangan politiknya saat mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta, mengungkap respon Ahok mengenai wacana tersebut. Menurut Djarot, Ahok tak tertarik berkecimpung di dunia sepak bola dan menyarankan agar PSSI dikelola oleh orang yang kompeten.

Bima Sakti Jadi Asisten Pelatih di Inggris

Bima Sakti bersama tiga pelatih asal Indonesia lain akan terbang ke Inggris menemani para pemain Garuda Select yang dikirim PSSI selama enam bulan. Di Inggris, Bima akan menjadi asisten Des Walker, eks pemain Nottingham Forest dan Sampdoria yang melatih Garuda Select. Menurut Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha, Bima juga akan bertindak sebagai peneliti di coaching lisense yang dihelat FA. Sepulangnya ke Indonesia, Bima akan langsung ditunjuk menjadi pelatih U-16.

PS Tira Luncurkan Nama Baru

Teka-teki nama baru PS Tira akhirnya terungkap. Seperti dilansir Goal, manajemen PS Tira akan mengganti nama mereka menjadi TIRA-Persikabo (TRKabo). Nama tersebut dipilih setelah klub aparat tersebut melakukan merger dengan klub Liga 3, Persikabo Bogor. Klub tersebut memang sudah memastikan akan berkandang di Bogor, di Stadion Pakansari, pada musim 2019. Pergantian nama ini merupakan yang ketiga kalinya, setelah sempat bernama Persiram Raja Ampat, PS TNI, hingga PS Tira.

Kapten Timnas Kirgiztan Melamar ke PSIS

Manajemen PSIS Semarang mengaku mendapat tawaran untuk mendatangkan kapten timnas Kirgiztan, Valerii Kichin. Pemain berusia 26 tahun tersebut baru saja membela timnas Kirgiztan di Piala Asia 2019 lalu. Menurut Wahyu Winarto, manajer PSIS, pihak manajemen akan mempelajari terlebih dahulu sang pemain sebelum memutuskan siapa yang akan mengisi slot pemain asing asal Asia. Sebelumnya, klub asal Jawa Tengah tersebut juga dikaitkan dengan pemain timnas Filipina, James Younghusband.

Pelatih Timnas Wanita Ingin Perbanyak Uji Tanding Internasional

Timnas wanita Indonesia baru saja menyelesaikan pertandingan uji tanding melawan India. Dalam dua laga, Garuda Pertiwi takluk dengan skor 3-0 dan 2-0. Rully Nere, sang pelatih, mengungkapkan uji tanding internasional tersebut mampu meningkatkan kepercayaan diri pemain. Ia pun menginginkan tambahan agenda uji tanding internasional lagi guna menghadapi ajang Babak Kedua Kualifikasi Olimpiade 2020 pada April mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *