Deretan Pesepakbola Yang Tetap Bermain Meski Miliki Penyakit Serius

Deretan Pesepakbola Yang Tetap Bermain Meski Miliki Penyakit Serius

Sama seperti olahraga lain, sepak bola juga memiliki para atlet yang punya passion tinggi. Dengan kondisi apapun, mereka akan tetap bermain demi bisa memuaskan hasrat untuk mengolah si kulit bundar.

Pada kesempatan kali ini, starting eleven akan merangkum 10 pesepakbola yang tetap bermain meski pernah mengalami penyakit serius..

1. Edgar Davids

Salah satu pemain paling bertalenta asal Belanda, Edgar Davids, memiliki sebuah penyakit yang sempat membuatnya harus berhenti dari dunia sepak bola.

Pada 1999, dia ketahuan mengidap glukoma, salah satu penyakit mata berbahaya yang bisa menyebabakan kebutaan. Tekanan cairan di bola mata Davids disebut terlalu tinggi.

Setelah menjalani serangkaian pengobatan, Davids akhirnya memakai kacamata khusus demi memperjelas penglihatannya. Benda itupun sangat membantu Davids untuk bisa kembali pentas di lapangan hijau.

2. Paul Scholes

11 gelar Premier League, 3 FA Cup, dan 2 trofi Liga Champions, menjadi bukti nyata kedigdayaan gelandang asal Inggris, Paul Scholes. Namun, dibalik aksi hebatnya saat sedang berlaga, Scholes pernah menderita penyakit di mata kanannya.

Dokter menyebut bahwa ada pendarahan di dalam mata kanan Scholes. Hal tersebut berdampak pada penglihatannya. Bahkan, ia mengaku sempat melihat empat bola sekaligus saat sedang bertanding.

Setelah memutuskan untuk operasi, matanya kembali normal.

3. Petr Cech

Petr Cech dikenal sebagai penjaga gawang yang selalu memakai helm pelindung. Hal itu dikarenakan dirinya pernah mengalami cedera serius.

Saat masih membela Chelsea, kepalanya terbentur lutut seorang pemain lawan. Benturan itu menyebabkan sebuah retakan serius pada tengkorak Petr Cech. Setelah menjalani proses penyembuhan cukup lama, Cech bisa kembali bermain seperti sedia kala.

Namun dengan catatan, ia harus memakai helm pelindungnya itu.

4. David Beckham

Salah satu pemain berkelas asal Inggris, David Beckham, telah menjalani banyak laga sepanjang karier profesionalnya. Ia termasuk dalam pemain terbaik sepanjang sejarah.

Meski terlihat biasa saja saat sedang bertanding, Beckham ternyata mengidap penyakit asma. Pada suatu momen, dirinya pernah tertangkap kamera sedang menggunakan alat untuk meredakan penyakit yang dimilikinya.

Seorang rekannya berkata bahwa Becks memang sudah sejak lama menderita penyakit asma. Namun ia menyebut bahwa permainan pria Inggris itu tak pernah terganggu dengan penyakitnya itu.

5. David de Gea

Menjadi salah satu penjaga gawang terhebat saat ini, David de Gea ternyata memiliki sebuah penyakit mata. Usut punya usut, De Gea menderita rabun dekat dan terpaksa harus menggunakan lensa kontak di hampir sepanjang hidupnya.

Hingga pada tahun 2012, De Gea menjalani operasi yang menjadikan matanya menjadi jauh lebih baik.

6. Ivan Klasnic

Mantan pemain Werder Bremen, Ivan Klasnic, didiagnosa menderita gagal ginjal pada tahun 2007 silam. Setelah menjalani operasi, dirinya selamat dan bisa kembali merumput.

Klasnic masih terus bermain bagi Bolton Wanderers sebelum mengakhiri karirnya bersama Mainz 05.

7. Eric Abidal

Eric Abidal merupakan bagian dari generasi emas Barcelona yang mendominasi Eropa di tahun 2009. Dirinya juga dikenal sebagai salah satu pemain hebat.

Pada tahun 2011 Abidal diketahui menderita tumor liver yang mengharuskannya menjalani operasi. Pada tahun 2012 ia diharuskan menerima transplantasi liver akibat masalah yang timbul pada operasi sebelumnya.

Abidal sempat bermain untuk Olympiacos sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun.

8. Lionel Messi

Saat masih usia belia, Messi menderita penyakit yang menyebabkan dirinya tak bisa tumbuh dengan sempurna. Hal tersebut sempat membuatnya menyerah karena biaya operasi yang sangat mahal.

Namun, FC Barcelona rela menanggung semua biaya penyembuhan Messi. Hingga kini, klub asal kota Catalan itu menerima timbal balik yang sangat sepadan.

La Pulga sukses menyumbangkan berbagai trofi sebagai bentuk balas budinya kepada Barcelona.

9. Nwanko Kanu

Siapa yang tak kenal pemain bertubuh tinggi besar, Nwanko Kanu. Sebelum bergabung ke Arsenal dan meraih banyak gelar juara, Kanu sempat menghabiskan karirnya di Ajax dan Inter Milan. Saat berada di Inter, Kanu menjalani pemeriksaan medis dan mendapati dirinya menderita penyakit jantung.

Berkat penanganan cepat dari dokter Inter Milan yang menemukan kelainan pada jantungnya, Kanu bisa sembuh dan bermain kembali.

Kanu juga patut berterima kasih kepada Arsene Wenger yang mempercayainya dan memberikannya kesempatan kedua untuk bermain secara profesional.

10. Francesco Acerbi

Sosok yang satu ini patut dijadikan contoh untuk tidak mudah menyerah. Francesco Acerbi tercatat sudah pernah mengalahkan kanker testis, bukan hanya sekali, melainkan sebanyak dua kali.

Acerbi mengaku penyakitnya itu juga timbul dari kebiasaan buruknya yang sering mengonsumsi alkohol dan makanan tak sehat.

Berkat serangkaian terapi yang dijalaninya, Acerbi sudah terbebas dari penyakit mematikan tersebut.

#Bonus Cristiano Ronaldo

Menjadi bintang sepak bola paling populer di dunia bukanlah hal mudah bagi seorang Cristiano Ronaldo. Pada usia 15 tahun, pria Portugal itu harus naik ke meja operasi.

Ketika itu Ronaldo mengalami penyakit tachycardia, di mana denyut jantungnya berdetak lebih dari 100 denyut per menit. Setelah menjalani operasi, kondisi Ronaldo terus membaik dan kariernya pun selamat.

Dirinya bisa terus bermain dan menjadi pesepakbola terbaik dunia.

Itulah tadi deretan pesepak bola yang tetap bermain meski memiliki penyakit serius. Bagaimana menurut football lovers? Silahkan tulis komentar kalian dibawah. Jangan lupa untuk like dan share..

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *