Deretan Pesepakbola Yang Pensiunkan Nomor Punggung

Deretan Pesepakbola Yang Pensiunkan Nomor Punggung

Nomor punggung secara tidak langsung menjadi identitas bagi setiap pemain. Dan bagi beberapa klub, nomor-nomor tertentu menjadi kehormatan atau bahkan sebuah simbol kebesaran seorang pemain yang sudah sangat berjasa bagi klub tersebut.

Pada kesempatan kali ini, starting eleven akan merangkum beberapa pemain yang nomor punggungnya diistirahatkan..

1. Johan Cruyff

Tak hanya membawa Ajax memenangi beberapa gelar, Cruyff juga menjadi simbol klub. Pemain yang sudah bergabung dengan Ajax di usia 10 tahun ini identik dengan nomor 14.

Tak khayal bila pemain yang sudah mempersembahkan 8 gelar Eredivisi bagi Ajax itu mempensiunkan nomor punggung favoritnya. Sejak 2007, tidak ada pemain lain yang mengenakan nomor punggung 14 di Ajax Amsterdam.

2. Paolo Maldini

Tak hanya menjadi simbol AC Milan, Paolo Maldini juga menjadi legenda bagi sepak bola Italia. Bek legendaris ini bergabung dengan AC Milan sejak usianya masih belia.

Bertahan selama 25 tahun dan mempersembahkan 5 gelar Liga Champions membuat sosok Maldini begitu disegani. Atas jasa serta dedikasi luar biasanya itupun AC Milan memutuskan untuk mengistirahatkan nomor punggung 3.

3. Roberto Baggio

Meski sempat memakai jersey beberapa tim besar Eropa, Roberto Baggio akan selalu dikenang sebagai legenda Brescia. Penyerang asal Italia ini mendapat penghormatan dari Brescia berupa nomor punggung 10 miliknya yang dipensiunkan.

4. Raul Gonzalez

Bicara tentang Raul, pasti semua akan menuju kearah Real Madrid. Namun setelah 15 tahun membela panji Los Blancos, Raul bergabung dengan tim Jerman, Schalke 04.

Meski hanya menghabiskan dua musim disana, Raul berhasil mencetak 40 gol. Untuk menghormati jasa pemain asal Spanyol itu, Schalke mempensiunkan nomor punggung 7.

5. Diego Maradona

Bukan hal mengejutkan bila Diego Armando Maradona masuk kedalam daftar pemain terbaik sepanjang sejarah. Hal itupun dirasakan oleh Napoli yang bangga pernah memiliki pemain sekelas Maradona.

Memberi banyak dampak bagi tim asal Italia itu, Maradona mendapat kehormatan dengan dipensiunkan nomor 10 miliknya saat masih berseragam Napoli.

6. Franco Baresi

Sama seperti Paolo Maldini, Baresi juga menjadi ikon kota Milan saat berseragam merah-hitam. Pemain yang terkenal dengan jebakan offside nya ini sudah memberikan banyak trofi bergengsi bagi Milan.

Untuk itu, AC Milan memutuskan untuk mempensiunkan nomor punggung 6 agar tidak dipakai oleh pemain lain. Hal tersebut dilakukan untuk menghargai jasa dan dedikasi Franco Baresi terhadap panji Rossoneri.

7. Javier Zanetti

Saudara AC Milan, Inter juga memiliki pemain ikonik yang sudah memberikan banyak jasa bagi tim. Ia adalah pemain asal Argentina, Javier Zanetti. Zanetti sudah berseragam biru-hitam sejak 1995 lalu. Sepanjang kariernya membela I Nerazurri, ia mencatatkan 957 penampilan dan berhasil mempersembahkan 16 gelar.

Sebagai penghormatan, Inter mempesiunkan nomor punggung 4 agar tidak dikenakan oleh pemain lain setelah Zanetti.

8. Pele

Berdasarkan urutan pemain terbaik sepanjang masa, Pele menempati posisi paling atas. Meski tak pernah bermain di Eropa, Pele tetap dikenal dunia sebagai pemain yang berhasil meraih tiga gelar Piala Dunia.

Pada dua musim terakhir karir professionalnya, Pele bermain untuk New York Cosmos. Dalam 107 penampilan, ia berhasil menorehkan 64 gol. Setelah memutuskan pensiun, New York Cosmos juga ikut mempensiunkan nomor punggung 10 sebagai bentuk penghormatan bagi Pele.

Itulah deretan pesepakbola hebat yang mempensiunkan nomor punggung nya. Mana pemain football lovers? Silahkan tulis komentar kalian dibawah. Jangan lupa untuk like dan share…

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *