Biografi Cesc Fabregas

Biografi Cesc Fabregas

Francesc Fabregas Soler adalah seorang pesepakbola asal Spanyol yang sudah malang melintang di persepakbolaan Eropa. Fabregas dikenal sebagai gelandang kreatif yang mampu mengirim umpan-umpan akurat ke daerah pertahanan lawan.

Fabregas lahir pada 4 Mei 1987 di Arenys de Mar, Spanyol. Dirinya lahir dari pasangan Francesc Fabregas Sr. dan Nuria Soler. Ayahnya bekerja sebagai pengusaha properti, sedangkan sang ibu bekerja sebagai pengusaha kue.

Fabregas hidup di daerah yang masih sering terjadi pertunjukkan matador di sekitarnya. Namun, hidupnya tak benar-benar bahagia karena kedua orang tuanya memutuskan untuk bercerai.

Saat itu, ayahnya merupakan pengusaha properti paling dicari. Dirinya banyak terlibat dalam konstruksi modern di Barcelona. Sedangkan ibunya, memiliki usaha kue yang terus berkembang. Sama dengan ayah Fabregas, ibunya juga merupakan pengusaha kue yang dikenal di Barcelona. Usahanya berkembang hingga mampu menjual bahan-bahan untuk membuat kue.

Selepas bercerai, kedua orang tua Fabregas tetap menjalin komunikasi yang baik.

Fabregas sendiri memiliki saudara perempuan yang bernama Carlota Fabregas. Keduanya membantu sang ibu untuk mengembangkan usaha kue nya.

Meski kedua orang tuanya bercerai, kecintaan Fabregas terhadap sepak bola terus ia kembangkan.

Awal karir sepak bolanya ia mulai pada tahun 1995. Saat itu Fabregas bergabung dengan akademi pertamanya, CE Mataro. Dua tahun menimba ilmu disana, Fabregas kemudian bergabung dengan akademi La Masia.

Di La Masia, ia rutin berlatih satu hingga dua kali dalam seminggu. Perlu diketahui, Fabregas menimba ilmu di Barcelona bersama dengan Lionel Messi dan Gerard Pique.

Fabregas yang saat itu berposisi sebagai gelandang bertahan sukses menyarangkan 30 gol dalam satu musim. Namun, saat bermain kandang, dirinya jarang mendapat kepercayaan penuh dari pelatih.

Setelah menimba cukup ilmu di akademi La Masia, Fabregas terbang ke Inggris untuk bergabung dengan tim muda Arsenal. Hingga pada akhirnya tanggal 23 Oktober 2003, fabregas memulai debutnya di tim utama Arsenal saat berhadapan dengan Rotherham United.

Kala itu, Fabregas berhasil menjadi pemain termuda yang memulai debut bersama Arsenal.

Tak lama kemudian, Fabregas kembali mengukir rekor bersama Arsenal. Ia menjadi pencetak gol termuda The Gunners saat berhadapan dengan Wolverhampton Wanderers. Di pertandingan tersebut, Arsenal berhasil melumat The Wolves dengan skor 5-1.

Terus menunjukkan penampilan gemilang bersama klub London, Fabregas kemudian menandatangani kontrak pada September 2004.

Di musim 2004/05, saat Arsenal tampil di kompetisi Liga Champions, Fabregas menjadi pencetak gol termuda kedua sepanjang sejarah Liga Champions. Arsenal yang saat itu berhadapan dengan Rosenborg berhasil menang dengan skor 5-1.

Titel pertama Fabregas bersama Arsenal hadir pada 21 Mei 2005. The Gunners berhasil menumbangkan perlawanan Manchester United pada perebutan Piala FA di Cardiff.

Setahun berselang, Fabregas memperpanjang kontrak bersama Arsenal selama lima tahun kedepan. Selama itu, ia berhasil meraih berbagai prestasi. Diantaranya, UEFA Team of the Year 2006, Premier League Player of the Month January 2007, Arsenal Player of the Season tahun 2007, PFA Young Player of the Year, hingga PFA Team of the Year.

Dan pada bulan Mei 2008, Fabregas masuk dalam acara TV bersama kedua orang tunya, seorang komedian bernama Matt Lucas, beberapa rekan setimnya, hingga sang manajer Arsene Wenger.

Acara tersebut bernama The Cesc Fabregas Show: Nike Live.

Di tahun yang sama, Fabregas didapuk sebagai kapten Arsenal dengan menjadi suksesor William Gallas.

Karena terus bermain luar biasa bersama Arsenal. Fabregas kemudian ditarik kembali oleh Barcelona tepat pada tahun 2011. Pria Spanyol itu dihargai senilai 35 juta euro.

Bersama Barcelona, Fabregas tak kalah tangguh. Penampilannya terus konsisten. Tahun 2011 Fabregas menjalin kerjasama dengan Puma dan berbagai brand ternama lainnya.

Di musim 2011/12, ia menjuarai Piala Supercoppa, Copa del Rey, dan FIFA Club World Cup. Ia juga menerima penghargaan sebagai gelandang terbaik.

Setelah sukses di Barcelona, Fabregas melanjutkan karirnya dengan kembali ke Inggris. Namun kali ini ia bergabung dengan Chelsea. Ia memulai debut bersama The Blues pada 18 Agustus 2014.

Permainan konsisten Fabregas membawanya menuju berbagai gelar prestisius. Ia memenangkan gelar Liga Primer di musim 2014/15 dan 2016/17.

Selain sukses bersama klubnya, prestasi Fabregas bersama timnas Spanyol juga tak boleh dianggap remeh. Ia memulai debutnya di tim nasional Spanyol U16, U17, hingga mampu menembus skuat senior.

Puncaknya, Fabregas berhasil memenangkan Piala Eropa tahun 2008 dan 2012 hingga Piala Dunia bersama tim matador di tahun 2010.

Saat ini, Fabregas masih terus melanjutkan perjalanan luar biasanya. Ia bergabung dengan klub Prancis, AS Monaco. Disana, ia bereuni dengan rekan setimnya dulu saat di Arsenal, Thierry Henry.

Namun bedanya, Henry berposisi sebagai pelatihnya saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *