Pembelian Tersukses Manchester United Sejak Tahun 2000

Pembelian Tersukses Manchester United Sejak Tahun 2000

Manchester United merupakan salah satu klub tersukses di dunia. Memiliki trofi terbanyak Liga Inggris, beberapa Liga Champions dan trofi bergengsi lainnya menjadi bukti bahwa United memiliki sejarah yang tak main-main. Sejauh ini Manchester United sudah melakukan banyak transfer megah dan tak jarang transfer tersebut mampu memberi kontribusi luar biasa bagi tim.

Kali ini, starting eleven akan mengulas tentang 10 transfer tersukses Manchester United sejak tahun 2000..

10. Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy pertama kali ditemukan oleh putra Sir Alex Ferguson, Darren Ferguson. Nistelrooy yang saat itu memperkuat klub Eredivise, PSV Eindhoven mampu membuat Darren Ferguson kagum. Darren pun merekomendasikan Rudtje kepada sang ayah. Nistelrooy didatangkan Manchester United pada tahun 2001. Mantan striker tim nasional Belanda itu sukses menjadi mesin gol bagi United semenjak kedatangan nya ke tanah Britania. Nistelrooy berhasil mencetak 150 dari 219 penampilan nya bersama setan merah.

9. Rio Ferdinand 

Rio Ferdinand diboyong oleh MU dari Leeds United dengan mahar sebesar 29,1 juta paun. Tahun 2002 menjadi tahun pertama bagi Ferdinand sebagai pemain Manchester United. Pembelian ini menjadi salah satu pembelian tersukses United. Bersama MU, Ferdinand berhasil menjadi palang pintu kokoh dan sukses menjadi pemain belakang kelas dunia. Ferdinand menghabiskan 12 tahun bersama Manchester United dengan berbagai kenangan indah. Dibawah asuhan Sir Alex Ferguson, pria ini mampu memenangkan beberapa gelar bergengsi.

8. Cristiano Ronaldo

Ketertarikan MU terhadap bocah ajaib asal Portugal Cristiano Ronaldo bermula kala setan merah menggelar laga persahabatan kontra Sporting Lisbon pada 2003 silam. Pada laga itulah, bakat cemerlang Ronaldo tercium oleh Sir Alex Ferguson. Dengan langkah cepat, Ferguson segera mengajukan tawaran sebesar 12 juta pounds untuk memboyong Ronaldo ke Old Trafford.  Dia datang sebagai pemain muda dan sukses menjadi pemain kelas dunia dengan memenangi 3 gelar Liga Inggris, Liga Champions, Piala Dunia Antar-klub hingga dua Piala Liga. Bersama MU, Ronaldo sukses mencetak 118 gol dalam 292 penampilannya.

7. Wayne Rooney

Wayne Rooney merupakan top skor sepanjang masa United, mengalahkan rekor legenda setan merah yang sebelumnya dipegang oleh Sir Bobby Charlton. Sebelum kembali ke Everton, Rooney sukses menyarangkan bola sebanyak 253 kali ke gawang lawan. Mantan kapten Manchester United ini juga sukses menjadi top skor kedua Liga Primer sepanjang masa setelah Alan Shearer. Tak hanya itu, Wazza juga menjadi pencetak gol terbanyak di Eropa bagi United dengan mengalahkan Ruud van Nistelrooy.

6. Edwin van der Sar

Van Der Sar menjadi solusi terbaik untuk Sir Alex Ferguson dalam mencari pengganti sempurna Peter Schemeicel. Setelah dihubungkan selama bertahun tahun dengan setan merah, pemain asal Negri kincir angin ini sukses mendarat ke Old Trafford pada tahun 2005. Bersama Manchester United van der Sar sukses memberikan gelar Liga Champions Eropa pada tahun 2008.

5. Nemanja Vidic

Vidic pindah ke Manchester United pada 5 Januari 2006 dari Spartak Moscow dengan transfer senilai 7 juta paun. Enam bulan pertama di Old Trafford, Vidic belum mendapat banyak kesempatan sebagai starter. Baru pada musim 2006-2007, Vidic mulai secara rutin dijadikan pilihan utama Sir Alex. Bek Serbia ini ditandemkan dengan Rio Ferdinand. Setelah itu, dia langsung membuktikan diri sebagai salah satu bek terbaik yang pernah mengawal pertahanan United. Penampilan apik serta jiwa kepemimpinan yang tinggi menjadikan Vidic sebagai salah satu pemain hebat yang pernah memakai ban kapten di Manchester merah.

4. Michael Carrick

Manchester United merekrut Michael Carrick dari Tottenham Hotspur pada musim panas 2006. Mantan bintang West Ham United itu dibawa ke Old Trafford untuk menggantikan peran Roy Keane di jantung lapangan tangah United. Meski tak memiliki permainan yang agresif seperti Keane, Carrick mampu menjaga kestabilan tim dalam beberapa musim nya bersama setan merah.

3. Patrick Evra

Musim 2006/2007 adalah musim pertama Evra berseragam United  setelah datang dari AS Monaco pada Januari 2006. Ia silih berganti mengisi posisi bek kiri dengan Gabriel Heinze. Performa impresifnya musim itu semakin memperlihatkan bahwa ia layak untuk mengisi pos sebelah kiri setan merah. Kegemilangan nya tersebut berhasil membawanya masuk dalam PFA Premier League Team of the Year musim itu. Bersama MU, dirinya berhasil menyumbangkan 5 gelar Liga Primer, satu trofi Liga Champions dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

2. Antonio Valencia

Pada tanggal 30 Juni 2009, Valencia menjadi pembelian pertama United. Pemain cepat asal Ecuador ini menjadi salah satu pembelian terbaik Manchester United. Dirinya bergabung dengan setan merah pada musim 2009/2010. Dalam kompetisi Liga Primer, Valencia sudah tampil sebanyak 239 kali dan menyumbangkan 17 gol. 2 trofi Liga Inggris dan 1 Piala Europa League menandai kesuksesan Antonio Valencia bersama setan merah.

1. David de Gea

Saat ini David de Gea dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia. Kiper asal Spanyol itu direkrut sebagai pengganti Edwin van der Sar yang pensiun dari sepak bola pada 2011.  De Gea bergabung dengan United pada musim panas 2011 dari Atletico Madrid saat baru berusia 20 tahun. Prestasi awal De Gea bersama Manchester United adalah dirinya berhasil membawa klub barunya itu menjuarai ajang Coummunity Shied 2011 dengan mengalahkan Manchester City. Pada usia 27 tahun, dia menjelma menjadi kiper yang sangat handal di Old Trafford. Dan yang terbaru adalah, de Gea berhasil menyabet gelar Premier League Golden Gloves pada musim 2017/2018.

Honourable Mention -Park Ji Sung-

Setelah manjalani musim luar biasa bersama PSV Eindhoven, nama Park Ji Sung menarik minat juru taktik Manchester United kala itu, Sir Alex Ferguson. Pada tahun 2005  Manajemen United pun rela merogoh kocek sebesar 4 juta paun demi mendaratkan Park ke Old Trafford. Bermain bersama salah satu klub terbaik dunia membuat performa Park Ji Sung semakin meningkat. Bersama Michael Carrick, Ryan Giggs, Paul Scholes dan Cristiano Ronaldo, Park membentuk kombinasi superior di lini tengah. Aksi gemilangnya berhasil ia tandai dengan beberapa raihan trofi bergengsi seperti 4 trofi Liga Primer dan satu piala Liga Champions.

Saat ini, Manchester United sedang berjuang untuk bisa meraih kembali masa kejayaan nya. Berbagai transfer besar pun telah dilakukan. Menurut football lovers, apakah transfer setan merah kali ini akan memberikan dampak yang besar bagi kesuksesan klub? Silahkan tinggalkan komentar kalian pada kolom dibawah ini. Jangan lupa untuk like dan share..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *