15 Handball Tergila Dalam Sepakbola

15 Handball Tergila Dalam Sepakbola

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam sebuah pertandingan sepakbola, salah satunya adalah menyentuh bola dengan menggunakan tangan. Menyentuh atau bahkan memegang bola dengan tangan sangat lumrah dilakukan oleh kiper. Namun bagaimana jadinya jika yang menyentuh bola dengan tangan bukanlah seorang kiper, melainkan pemain lain yang tidak berposisi sebagai penjaga gawang.

Berikut starting eleven menyajikan 15 handball tergila dalam dunia sepakbola..

15. Cristiano Ronaldo

Saat masih membela Manchester United, Ronaldo pernah melakukan hal yang tidak boleh dilakukan dalam sebuah pertandingan sepakbola. Dirinya sengaja menyentuh bola dengan menggunakan tangan saat ingin mencetak gol. Terlihat saat ia mendapat umpan sepak pojok dari rekan nya, tangan Ronaldo reflek menyentuh bola dan ingin mengarahkan langsung kedalam gawang. Namun aksi curang itu diketahui oleh sang pengadil lapangan hingga menyebabkan dirinya harus diusir dari lapangan karena mendapat kartu kuning kedua.

14. Raul Ruidiaz

Sama seperti Ronaldo, Raul Ruidiaz juga melancarkan aksi licik nya itu saat masih membela Peru kala berhadapan dengan Brazil. Ruidiaz terlihat mengarahkan bola kedalam gawang dengan menggunakan tangan secara sengaja. Setelah menerima umpan silang dari rekannya, Ruidiaz tahu bahwa dirinya tak mampu menjangkau laju bola sehingga ia sengaja menggunakan tangan nya untuk mencetak gol.

13. Paul Scholes

Saat pertandingan MU melawan Zenit, setan merah tertinggal 2-1 hingga menit ke 89. Merasa tak sabar, Paul Scholes yang mendapat kesempatan langsung menjalankan tindakan nakal nya dengan mencetak gol menggunakan tangan. Aksi terang-terangan nya itu tak luput dari pengawasan wasit, hingga dirinya pun harus rela diusir dari lapangan karena mendapat kartu kuning keduanya.

12. Chamberlain

Pertandingan Chelsea melawan Arsenal menjadi saksi kecurangan Ox Chamberlain, dirinya teertangkap basah saat mencoba mengamankan gawang dengan menggunakan tangan. Eden Hazard yang kala itu memiliki peluang emas untuk menceploskan bola kedalam gawang tertahan oleh aksi licik Chamberlain. Namun entah apa yang terjadi, sang pengadil lapangan justru memberi kartu merah kepada Kieran Gibbs.

11. Raul Gonzalez

Aksi tak terpuji juga ditunjukkan oleh sang legenda Real Madrid Raul Gonzalez. Pada sebuah pertandingan, ketika Luis Figo mengirimkan umpan dari situasi bola mati, Raul langsung mengkonversi umpan itu menjadi gol. Namun yang salah disini adalah, sang striker justru menceploaskan bola dengan menggunakan tangan, bukan dengan bagian tubuh lainnya yang tidak dilarang dalam sebuah pertandingan sepakbola.

10. Miroslav Klose

Klose, pemain asal Jerman ini juga pernah melakukan tindakan yang tak patut dicontoh. Dirinya terlihat jelas membobol gawang lawan dengan menggunakan tangan. Namun ada aksi dari Klose yang layak untuk mendapat jempol, saat sang pengadil lapangan mengesahkan gol tersebut, Klose justru memberi tahu wasit bahwa dirinya baru saja mencetak gol dengan menggunakan tangan. Atas aksi luar biasanya itupun, Klose langsung mendapat apresiasi dari sang lawan.

9. Thierry Henry

Henry menjadi pemain Perancis yang paling dibenci oleh rakyat Irlandia, bagaimana tidak, dirinya menggunakan aksi licik yang menyebabkan Irlandia tidak masuk ke Piala Dunia 2010. Henry menahan bola dengan tangannya sebelum memberikan assist kepada William Gallas. Gol Gallas mengubah kedudukan menjadi 1-1 dan membuat Prancis melaju ke Afrika Selatan dengan agregat 2-1.

8. Phil Neville

Saat masih berseragam Everton, Phil Neville pernah melakukan tiddakan yang tidak terpuji. Dirinya menahan laju bola yang disontek oleh salah satu pemain Liverpool dengan menggunakan tangan. Aksinya itu langsung mendapat respon cepat dari wasit. Dirinya diganjar kartu merah dan harus meninggalkan pertandingan lebih awal.

7. Steven Taylor

Sama hal nya dengan Phil Neville, Steven Taylor juga pernah mengamankan bola dengan menggunakan tangan. Gawang yang ditinggalkan oleh kiper memaksa Steven Taylor untuk menjaga gawang seorang diri, namun karena tak tahu apa yang harus dilakukan ia dengan sengaja menangkis bola dengan menggunakan tangan nya. Wasit yang melihat kejadian tersebut langsung menghadiahi Taylor dengan kartu merah.

6. Cesar Martins

Melihat gawang nya dalam bahaya, Cesar Martins berinisiatif untuk membantu kiper dalam mengamankan pertahanan nya. Namun, cara yang dilakukan Martins jelas tak patut mendapat apresiasi, dirinya yang kala itu melihat bola lolos dari sang penjaga gawang langsung menahan bola dengan menggunakan tangan. Praktis, kartu merah pun keluar dari saku wasit.

5. Oliver Kahn

Ya, Oliver Kahn menjadi penjaga gawang yang mencetak gol dengan menggunakan tangan. Pada suatu pertandingan dirinya memutuskan untuk maju hingga ke daerah pertahanan lawan. Saat menerima umpan dari sepakan pojok, Oliver Kahn langsung meninju bola dan saat itu juga ia berhasil mencetak gol. Namun aksi curang nya itu diketahui sang wasit hingga menyebabkan Kahn mendapat ganjaran.

4. Dani Carvajal

Aksi curang bek Real madrid yang satu ini sempat viral di sosial media. Dani Carvajal melakukan aksi curang saat menahan serangan Barcelona. Melihat sang penjaga gawang kewalahan, Carvajal berinisiatif untuk ikut menyelamatkan gawang. Namun lagi, cara yang dilakukan nya itu tidak sesuai. Dirinya menahan sundulan Pulinho dengan menggunakan tangan. Kartu merah pun melayang mulus mengantarkan nya keluar dari lapangan.

3. Lionel Messi

Titisan Diego Armando Maradona ini pernah meniru aksi curang sang legenda. Messi melakukan aksi bobol gawang lawan dengan cara yang tak terpuji. Saat menerima umpan dari rekannya, ia menyontek bola dengan tangan yang sukses mengelabuhi kiper. Gol tersebut pun dianggap sah oleh wasit.

2. Diego Maradona

Diego Maradona, atau yang sering dikenal dengan ‘gol tangan Tuhan’. Julukannya itu muncul dari aksi curang nya kala membobol gawang Inggris pada Piala Dunia tahun 1986. Rakyat Inggris murka, hingga pada akhirnya Maradona mengakui bahwa ia menciptakan gol tersebut dengan menggunakan tangan. Gol tersebut merupakan salah satu gol paling fenomenal dalam sejarah sepakbola.

1. Luis Suarez

Kita pasti masih ingat dengan aksi licik Suarez yang menahan laju bola dengan menggunakan tangan. Aksi nya itu sukses mengantar Uruguay melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2010. Sebelum babak perpanjangan waktu usai, terjadi sebuah kemelut di depan gawang Uruguay. Sundulan dari Dominic Adiyiah, yang mengarah ke gawang Uruguay, dihentikan oleh Luis Suarez. Bukan dengan cara biasa, melainkan dengan tangannya. Suarez menepis bola yang akan masuk ke gawang dengan dua tangannya. Meski mendapat hadiah pinalti, sang algojo justru gagal menunaikan tugasnya hingga membuat Uruguay terus melaju ke babak selanjutnya.

Demikian beberapa aksi handball gila sepanjang sejarah sepakbola. Sejatinya, sebuah pertandingan akan terlihat menarik tanpa adanya aksi curang seorang pemain. Kemenangan sebuah tim akan lebih dihargai jika mereka memperjuangkannya dengan cara yang sportif. Bagaimana pendapat football lovers tentang fenomena handball tersebut? Kami tunggu komentar kalian pada kolom dibawah ini. Jangan lupa untuk like dan share..

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *