10 Pertandingan Derby Yang Tak Terlupakan

10 Pertandingan Derby Yang Tak Terlupakan

Setiap tim sepakbola pasti memiliki rival atau musuh bebuyutan. Mereka saling sikut untuk memperebutkan trofi, adu gengsi, atau bahkan untuk membuktikan siapa yang lebih pantas untuk dicintai dalam kota tim itu berasal. Banyak kota ternama dunia yang melahirkan lebih dari satu klub raksasa, seperti Madrid, Milan, Manchester dan masih banyak lagi. Bukan nya saling membantu untuk bisa membawa nama baik kota tersebut, mayoritas tim saudara sekota justru saling membenci satu sama lain hingga rivalitas tinggi pun tak terelakkan.

Pertandingan derby menjadi salah satu tajuk favorit dalam dunia sepakbola, pertandingan keras dan penuh drama sering tersaji dalam derby sekota. Seperti pembahasan yang berikut ini, starting eleven akan menyajikan 10 pertandingan derby yang tak terlupakan dalam dunia sepakbola.

10. Tottenham vs Arsenal (London, England)

Derby London Utara antara Arsenal melawan Tottenham menjadi pembuka dari pertandingan saudara sekota yang tak terlupakan. Pendukung meriam London pasti ingat bagaimana perjuangan Patrick Vieira dan kawan-kawan dalam memenangi laga sengit kontra Tottenham pada musim 2004/2005. 4-4-2 yang menjadi taktik Wenger kala itu berhasil mempecundangi Tottenham dengan skor 4-5. Derby kali ini menjadikan Arsenal sebagai tim terkuat London Utara.

9. River Plate vs Boca Juniors (Buenos Aires, Argentina)

Amerika Latin juga memiliki pertandingan seru yang sayang sekali untuk dilewatkan. Pertandingan itu mempertemukan antara River Plate vs Boca Juniors, dua rival sekota ini pernah menyajikan pertandingan luar biasa yang tak akan terlupakan. Pertandingan yang berlangsung pada akhir 2016 ini berakhir untuk kemenangan Boca Juniors. Mantan penyerang Juventus Carlos Tevez menjadi mimpi buruk River Plate saat dirinya berhasil mencetak dua gol pada laga tersebut. Melalui gol pembuka Walter Bou dan diakhiri oleh gol Adrian Centurion, River Plate hanya mampu membalas 2 gol. Pertandingan bertajuk Super Classico itu pun berakhir untuk kemenangan Boca Juniors dengan skor 2-4.

8. Al Ahly vs Zamalek (Cairo, Mesir)

Pertandingan bertajuk Derby Kairo juga selalu menyajikan laga seru nan dramatis. Pada partai Cup Final tahun 2006  Al Ahly sukses menumbangkan perlawanan Zamalek dengan skor 4-3. Laga 120 menit itu menjadi salah satu derby paling dramatis di dunia, sempat bermain sama kuat pada babak pertama, kedua tim meracik ulang strategi hingga menjadikan babak kedua berjalan lebih ketat. Karena selama 90 menit keduanya masih memiliki skor yang sama, pertandingan pun dilanjutkan ke babak ekstra hingga Al Ahly sukses membuktikan bahwa mereka adalah tim terkuat di kota Kairo.

7. Galatasaray vs Fenerbache (Istanbul, Turki)

Turki Super Cup edisi ke 39 mempertemukan antara Galatasaray dan Fenerbache, Pertandingan yang digelar pada tahun 2012 itu menjadi laga puncak bertajuk Derby istanbul. Dua kota asal ibukota itu saling sikut untuk mendapatkan Piala Super Turki. Sejak menit awal Galatasaray sudah menggempur pertahanan Fenerbache hingga akhirnya mereka berhasil memimpin karena kecerobohan kiper sang lawan. Tensi tinggi mewarnai laga tersebut, namun pada akhir nya Fenerbache harus mengakui keunggulan Galatasaray dengan skor 3-2.

6. Manchester United vs Manchester City (Manchester, England)

Kota Manchester juga mempunyai 2 klub kebanggaan nya sendiri, yakni Manchester United dan Manchester City. Pertandingan yang diselenggarakan pada tahun 2009 itu sukses menjadikan Manchester United sebagai penguasa Kota Manchester. Laga berjalan sengit, aksi saling serang dilancarkan oleh kedua tim hingga kedudukan sama kuat 3-3. Namun, Michael Owen datang sebagai pahlawan setan merah, gol nya ke gawang City menjadikan skuat Sir alex memenangi laga dengan skor 4-3.

5. Red Star vs Partizan (Belgrade, Serbia)

Dua tim asal ibukota Serbia Red Star dan Partizan bertemu dalam lanjutan Superliga Serbia yang diselenggarakan pada 17 November 2012 silam. Partizan lebih dulu membuka kran gol melalui kaki Aleksandar Mitrovic pada menit ke 9, tak lama kemudian Red Star langsung menyamakan kedudukan. Pertandingan berjalan alot, babak pertama diakhiri dengan keunggulan Partizan dengan skor 1-2. Red Star tak tinggal diam hingga mereka berhasil membalikkan keadaan dengan skor 3-2. Tandukan Nenad Milijas menandai aksi heroik Red Star dalam memenangi pertandingan derdy tersebut.

4. Borussia Dortmund vs Schalke 04 (Ruhr Region, Jerman)

Dua tim asal kota Jerman berhadapan dalam lanjutan Bundesliga pada tanggal 25 November 2017. Derby ini merupakan derby yang tak akan dilupakan oleh para pendukung Schalke. Borussia Dortmund langsung tancap gas dari awal pertandingan. Aubameyang membuka kran gol Dortmund pada menit ke 12, diikuti gol bunuh diri Benjamin Stambouli. Dortmund semakin berada diatas angin. Mereka mampu menutup babak pertama dengan skor 4-0. Namun siapa sangka, jiwa militan dan pantang menyerah Schalke muncul pada babak kedua, tak tanggung tanggung, mereka berhasil menyarangkan 4 gol sekaligus ke gawang Dortmund. Gol balasan Schalke tersebut membuat pertandingan harus diakhiri dengan skor sama kuat.

3. AC Milan vs Inter Milan (Milan, Italia)

Italia memiliki dua rakasasa yang berasal dari kota yang sama. AC Milan vs Inter Milan menampilkan pertandingan yang tak akan terlupakan pada musim 2006/2007. Milan yang kala itu dinahkodai oleh Carlo Ancelotti memasang Inzaghi dan Gilardinho sebagai daya gedor Milan, namun skuat Inter yang dimotori oleh Crespo dan Ibrahimovic tampil lebih menjanjikan. La Beneamata menunjukkan kedigdayaan nya sebagai penguasa kota Milan. Skuat asuhan Roberto Mancini sukses menekuk Milan dengan skor 3-4.

2. Celtic vs Rangers (Galsgow, Skotlandia)

Siapa yang tak kenal perseturuan antara Celtic dan Rangers, dua penguasa Skotlandia ini terus menampilkan pertandingan yang dramatis dan menegangkan, salah satu nya adalah saat Celtic berhasil melaju ke babak final Scottish Cup dalam drama adu pinalti. Setelah bermain imbang 2-2 hingga laga usai, Celtic memastikan diri untuk mendapat tempat pada partai puncak Scottish Cup dengan menundukan rival abadinya Glasgow Rangers.

1. Real Madrid vs Athletico Madrid (Madrid, Spanyol)

Derby yang terakhir hadir dari 2 tim terkuat kota Madrid, mereka bertemu di partai puncak ajang paling begengsi seantero Eropa. Selain berhasil memastikan diri sebagai jawara Eropa, el Real juga membuktikan diri bahwa mereka masih lebih baik dari saudara sekotanya Athletico Madrid. Melalui gol dramatis Sergio Ramos pada menit-menit akhir, Real madrid sukses memanfaatkan kelengahan Athletico pada babak tambahan. el Real berhasil menambah 3 gol pada babak tersebut dan menjadikan skor menjadi 4-1.

Itu tadi beberapa rangkuman pertandingan Derby yang tak terlupakan di dunia. Menurut football lovers, mana tim sekota yang memiliki rivalitas paling tinggi? Tulis jawaban kalian pada kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa untuk like dan share..

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *