10 Manga Sepakbola Paling Populer Di Dunia

  • Whatsapp
sumber: cartoon pictures

Banyak sekali jenis olahraga di dunia ini, salah satu nya adalah sepakbola. Sepakbola menjadi olahraga paling populer di dunia. Penggemar sepakbola hampir selalu ada disetiap sudut bumi. Seakan memanfaatkan momen tersebut, orang-orang kreatif Jepang banyak yang menuangkan ide kreatif mereka tentang sepakbola kedalam sebuah komik atau yang lebih dikenal sebagai manga. Manga memiliki banyak sekali genre dan salah satu nya adalah sepakbola.

Manga bertemakan sepakbola berikut ini adalah deretan manga yang wajib kalian ketahui. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini..

10. Hungry Heart: Wild Striker

Hungry Heart: Wild Striker adalah seri manga dan anime sepak bola Jepang yang ditulis oleh pencipta Kapten Tsubasa, Yoichi Takahashi. Melihat fenomena kakak beradik yang berprofesi sebagai pemain bola membuat sang penulis memiliki ide untuk membuat manga dengan kisah serupa.

Diceritakan Kanou Kyosuke, seorang pemuda berambut oren yang sangat tidak suka bila dibanding-bandingkan dengan kakaknya Kanou Seisuke, seorang pemain sepak bola jenius yang menjadi pemain andalan Jepang yang bergabung dengan tim AC Milan. Tidak ada yang tidak mengenal Kanou Seisuke, sehingga mereka tidak ada yang menyangka bahwa Kyosuke adalah adiknya, karena sifat mereka yang saling bertolak belakang. Konflik antar 2 bersaudara ini menjadikan manga bertemakan sepakbola yang satu ini menarik untuk diikuti.

9. Whistle

Whistle adalah manga dan anime karya Daisuke Higuchi. Manga ini bercerita tentang Sho Kazamatsuri seorang siswa SMP  Musashinomori yang sangat menyukai sepakbola. Karena badannya yang pendek dia selalu berada di tim lapis ketiga. Alasan itu yang membuat Sho mengambil pilihan untuk pindah ke SMP Sakurai Josei. Di hari pertama terjadi kesalahpahaman, ibu guru Yuko Katori mengira Sho merupakan pemain inti di SMP Musashinomori. Untuk menebus rasa malu yang dialaminya, Sho bolos sekolah dan berlatih sepakbola siang dan malam ditemani Tatsuya Mizuno sahabat barunya dan kakek penjual oden.

Perlahan tapi pasti bakat Sho Kazamatsuri akhirnya terlihat dan mimpinya menjadi pesepakbola professional secara perlahan mulai tercapai. Tahun 2016 kemarin Whistle kembali dilanjutkan dengan cerita dan karakter utama baru.

8. Days

Beberapa tahun terakhir ini selalu gempar dengan geliat pria tampan dalam anime sport. Golongan atlet renang handal sudah muncul dalam FREE!, Golongan cowok pecinta alam sudah berjejer dengan sepeda masing-masing dalam Yowamushi Pedal. Dan kali ini ada manga bertemakan sepakbola yang disebut-sebut sebagai tandingan kapten Tsubasa, yaitu Days.

Days merupakan serial manga bertema comedy-sport yang ditulis dan digambar oleh Yasuda Tsuyoshi. Manga ini memiliki cerita yang berpusat pada dua tokoh utama yaitu Tsukushi dan Jin. Keduanya tidak saling mengenal. Tsukushi adalah anak yang biasa saja namun memiliki passion yang tersembunyi tentang sepak bola. Sedangkan Jin sebenarnya sudah dapat dilihat sebagai atlet jenius namun karena suatu alasan dia menjadi seseorang yang dijauhi oleh teman-teman nya. Suatu hari keduanya bertemu dan mengakibatkan sebuah perubahan besar dalam dunia sepak bola.

7. Area No Kishi

Suguru Aizawa merupakan pemain muda asal Jepang yang patut diperhitungkan. Beberapa klub asal Spanyol mulai menunjukkan minat kepadanya namun Suguru lebih memilih untuk menyelesaikan pendidikan nya di Jepan dulu. Suguru memiliki adik yang setahun lebih muda bernama Kakeru, Kakeru menganggap dirinya tidak memiliki bakat dalam bermain bola, namun karena rasa kecintaanya terhadap sepakbola ia memilih untuk menjadi manajer sebuah tim.

Dua pekerjaan yang berbeda namun tetap dalam satu dunia membuat kita semakin penasaran bagaimana kelanjutan cerita dari manga yang ditulis oleh Tadhasi Agi ini.

6. Fantasista

Diambil dari istilah playmaker, manga ini menceritakan petualangan Teppei Matsumoto yang diajari sepak bola oleh kakaknya, manajer klub di SMA Mizumoto. Trik-trik dalam anime sepak bola ini dianggap cukup realistis. Fantasista tidak mengenal jurus-jurus yang aneh.

Teppei Sakamoto yang bermimpi untuk menjadi pesepak bola kelas dunia, sejak kecil ia dilatih oleh kakak perempuannya yang juga gila bola. Lalu, ia pun bergabung dengan SMA Mizumoto yang diisi oleh pemain-pemain yang hebat. Setelah itu, ia pun menjadi andalan Jepang dan pergi ke klub top Eropa.

Manga karangan Michiteru Kusaba ini menampilkan perjuangan Jepang untuk bisa meraih trofi Piala Dunia.

5. Inazuma Eleven

Dikisahkan, klub sepak bola Raimon Junior High pada awalnya hanya memiliki 7 orang pemain. Pada suatu hari, Mamoru dipanggil oleh kepala sekolah yang memberitahukan bahwa akan ada pertandingan melawan tim sepak bola Akademi Teikoku. Jika klub sepak bola Raimon kekurangan orang atau kalah, maka klub ini akan dibubarkan. Seorang bocah bernama Mamoru berhasil menyihir tim SMP Raimon yang hampir dibubarkan menjadi tim tangguh. Setelah menjadi jagoan di turnamen lintas sekolah, pemain yang berposisi sebagai kiper itu bergabung dengan Timnas Jepang untuk melawan tim-tim lintas dunia.

Dalam Inazuma Eleven, ada begitu banyak jurus yang tak masuk akal. Mamoru punya jurus ‘Tangan Tuhan’, yaitu tangan besar yang bisa menangkap tendangan siapa saja dengan mudah. Namun penggambaran yang berlebihan ala Tenya Yabuno justru menjadikan manga ini semakin menarik.

4. Offside

Manga Offside merupakan karya Natsuko Heiuchi yang dirilis pada 1989 silam. Judul yang satu ini mungkin sudah cukup akrab di telinga pecinta manga sepak bola. Berbeda dari manga lainnya yang kebanyakan bercerita tentang kisah seorang penyerang, Offside menceritakan perjalanan Goro Kamugaya, seorang penjaga gawang hebat yang ingin masuk ke klub sepak bola elit SMA Yokonan. Gagal dan akhirnya masuk ke SMA Kawasaki, Goro justru bertemu dengan pemain berbakat lainnya: Shingo Sato, Hideki Yakumaru, dan Kazuhito Oda.

Manga ini bisa menjadi salah satu koleksi terbaik bagi para football lovers. Pasalnya, Goro Kumayagawa yang merupakan karakter utama manga ini memiliki prinsip: “Aku tidak akan menyerah, karena menyerah berarti gagal”.

3. Giant Killing

Seperti halnya Offside, Giant Killing menyajikan perspektif yang berbeda dari judul manga sepakbola lainnya. Di sini diceritakan Tatsumi Takeshi, mantan pelatih tim Inggris kecil, ditugaskan untuk menjadi manajer klub sepak bola East Tokyo United yang sedang terpuruk agar bisa masuk ke liga sepak bola profesional Jepang. East Tokyo United (ETU) adalah tim medioker di Liga Jepang yang dalam beberapa musim terus berusaha untuk lepas dari jurang degradasi. Kualitas pemain mereka buruk dan finansial mereka sangat lemah. Sehingga, ETU pun ditinggalkan oleh penggemarnya sendiri. Alhasil, manajemen ETU pun bertindak dengan merekrut Takeshi Tatsumi sebagai sang manajer.

Sosok ‘pembunuh’ yang ada pada diri Takeshi Tatsumi membuat manga ini diberi judul Giant Killing.

2. Shoot

Shoot merupakan salah satu maha karya paling dikenal yang pernah dibuat oleh Tsukasa Oshima. Serial ini bahkan pernah mendapat penghargaan sebagai manga terbaik dalam Kodansha Manga Award pada tahun 1994 silam.

Cerita bermula dari kegeniusan seorang pemuda bernama Yoshiharu Kubo. Ia digambarkan sebagai seorang pemain sepakbola yang hebat dan mampu menginspirasi Toshi, Kazuhiro, serta Kenji. Ia bahkan menolak beasiswa dari SMA-SMA yang memiliki tim sepakbola terbaik di Jepang. Kubo memilih bersekolah di SMA Kakegawa, sebuah SMA Swasta yang baru berdiri. Bersama Kamiya, ia kemudian membentuk tim sepakbola sendiri di sana. Masalah kemudian datang saat mereka berdua mulai kesulitan mencari rekan yang memiliki kualitas mumpuni dalam bermain sepakbola.

Menampilkan kisah yang cukup realistis, menjadikan manga ini wajib kalian baca!

1. Captain Tsubasa

Siapa yang tak kenal dengan manga yang satu ini. Siapapun yang mengaku sebagai pecinta bola pasti tau siapa Tsubasa Ozora. Manga yang sangat populer bagi anak 90an ini menjadi serial yang paling digemari di seluruh dunia.

Dikisahkan seorang anak lelaki bernama Tsubasa Ozora. Dirinya sangat terobsesi dengan sepakbola. Untuk mewujudkan impiannya, dia bersama keluarganya pindah ke kota Nankatsu yang dikenal memiliki tim sepakbola terbaik. Di kota inilah dia mulai bertemu dengan banyak teman dan rival berbakat yang membuatnya semakin bekembang.

Menariknya lagi, ada pemain sepakbola terkenal yang bahkan mengaku terinspirasi dari Captain Tsubasa. Fernando Torres, dirinya mengaku sangat menyukai manga serta anime ini.

Deretan manga sepakbola terbaik versi starting eleven telah diulas. Menurut football lovers, mana manga sepakbola yang paling melekat di hati kalian? Silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah ini. Jangan lupa untuk like dan share..

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *